peluang usaha

Rabu, 22 Juni 2011

Cara Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah kulit mati yang terlepas dari kulit kepala. Biasanya terlepasnya kulit mati dari kepala adalah proses alami, tetapi ketika hal ini menjadi parah maka disebut sebagai ketombe. Ada berbagai alasan yang dapat menyebabkan ketombe. Dengan mengetahui penyebab ketombe anda akan tahu bagaimana cara mencegahnya.
            Penyebab paling umum dari ketombe yang diyakini yaitu jamur Malassezia furfur. Jamur ini ditemukan secara alami pada permukaan kulit baik orang sehat maupun orang yang berketombe. Jamur menyukai lemak dan akibatnya ditemukan pada daerah kulit yang paling banyak kelenjar minyak yang meliputi kulit kepala, wajah dan bagian atas bagian tubuh. Ketika Malassezia furfur tumbuh dengan cepat, pembaharuan alami sel terganggu dan ketombe muncul dengan rasa gatal. Jamur lain mungkin memiliki peran yang sama dalam menyebabkan ketombe, seperti bakteri tertentu.
            Penyebab lainnya dapat diklasifikasikan menjadi dua, internal dan eksternal. Penyebab internal meliputi ketidakseimbangan hormon, kesehatan yang buruk, kebersihan yang buruk, hipersensitif terhadap alergi, kurang istirahat, stres, gizi yang tidak tepat (kekurangan vitamin B kompleks atau omega-3 asam lemak dan vitamin sejenis lainnya), predisposisi keturunan, dll.

            Penyebab eksternal yang bisa menyebabkan ketombe, seperti penggunaan shampoo yang keras, cuaca ekstrim, debu dan angin, keringat berlebihan, penggunaan gel rambut yang berlebihan, hair spray atau bahan kimia lain seperti pewarna rambut.

            Ketombe dapat terjadi pada usia berapapun tetapi paling sering ditemukan pada orang berusia antara 12 dan 80 tahun. Hal ini lebih sering terjadi pada pria dan lebih mungkin terjadi pada orang dengan kulit berminyak, orang yang berpenyakit Parkinson, mereka yang tidak rutin mencuci rambut dan mereka yang mengalami sakit, stres, atau perubahan hormon.

Cara mengatasi ketombe:

  1. Jangan menggunakan produk styling rambut berlebihan. Produk-produk styling seperti warna rambut, gel rambut dan hairspray dapat berbahaya bagi rambut Anda.
  2. Hindari penggunaan pengering rambut. Catok dan pelurusan juga dapat menjadi alasan penyebab ketombe. 
  3. Makan diet sehat yang menyediakan jumlah gizi yang cukup seperti protein, vitamin dan B-kompleks untuk tubuh Anda. Jumlah zat besi yang cukup juga sangat penting untuk mencegah ketombe. 
  4. Kebersihan kulit kepala Anda juga salah satu faktor utama yang akan membantu Anda mencegah rambut dari ketombe. Jika Anda tidak mencuci rambut Anda dengan benar, bahan kimia berbahaya dan debu yang berada di kepala Anda dapat menyebabkan ketombe. Cucilah rambut Anda setidaknya dua kali dalam seminggu untuk menjaga kulit kepala bersih. 
  5. Gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala rambut Anda juga akan membantu Anda dalam mengurangi kemungkinan ketombe. Pijat gel aloe vera pada kulit kepala selama sekitar 15 sampai 20 menit dan biarkan selama sekitar satu jam dan bilas rambut menggunakan shampo berkualitas baik. 
  6. Pilih shampo yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Anda dapat meminta bantuan dari trichologist Anda untuk ini. 
  7. Menghilangkan sel-sel mati dari kulit kepala sangat penting untuk mencegah ketombe. Memijat kulit kepala dengan minyak hangat dan mencucinya akan membantu Anda dalam menghilangkan sel-sel mati dari kulit kepala. 
  8. Sirkulasi darah yang tepat sangat penting untuk kesehatan kulit kepala. Jika tidak ada sirkulasi darah yang tepat maka dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala. Berolahraga seperti jogging, berjalan, bersepeda dan berenang akan membantu Anda dalam meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda. Hal ini sangat penting untuk keausan sel-sel tubuh Anda. 
  9. Cobalah untuk memilih obat alami, seperti jeruk nipis. Ini tidak menyebabkan kerusakan pada rambut Anda dan sangat efektif menghilangkan ketombe.
  10. Sinar matahari baik untuk mengobati ketombe terutama sinar matahari pagi. Hal ini sangat baik untuk kulit kepala Anda. Ini adalah salah satu sumber alami terbaik vitamin D.  Tapi jangan terlalu berlebihan.. kelebihan sinar matahari menyebabkan gatal-gatal kulit, dan malah menjadi menyebabkan ketombe. 
  11. Manajemen Stres juga sangat penting untuk mencegah ketombe. Stres bertanggung jawab untuk memicu sejumlah penyakit yang dapat mempengaruhi rambut Anda, jadi cobalah untuk mengurangi stres. 
  12. Minum air secukupnya. Air membantu dalam penghapusan racun dari tubuh Anda dan membantu dalam meningkatkan kulit dan juga kulit kepala. 
Tips yang diberikan di atas telah terbukti bermanfaat bagi banyak orang dalam meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons