peluang usaha

Minggu, 19 Juni 2011

Manfaat Jeruk Nipis

"Kecil-kecil tapi memiliki segudang Manfaat". Itulah mungkin julukan yang kita bisa berikan untuk Jeruk Nipis.
Ibu-ibu yang suka memasak didapur pasti tidak asing dengan buah ini.  Kebanyakan digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging.
Namun, jangan salah. Jeruk nipis punya banyak manfaat lain terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Mari kita lihat:
  1. Sebagai obat batuk dan peluruh dahak, caranya: jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur   dengan 1 1/2 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring.Sebaiknya diminum 2-3 kali sehari, atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.
  2. Melancarkan pencernaan. caranya: minum air jeruk secara teratur
  3. Menghaluskan dan memutihkan kulit, caranya: usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit tubuh.
  4. Mencegah rambut berketombe dan rontok,caramua: gunakan perasan jeruk nipis di kepala, usap selama 1 satu menit dan biarkan kering selama 30 menit kemudian keramas.
  5. Mencegah dan menghilangkan jerawat: caranya usapkan potongan jeruk nipis pada wajah atau pada bagian yang terkena jerawat, biarkan hingga kering kemudian cuci muka.
  6. Menghilangkan bau badan.  Caranya: campurkan perasan jeruk nipis dengan sedikit kapur siri, lalu gosokkan pada sumber bau, minyalnya ketiak.
  7. Mengurangi rasa pegal dan tegang. Caranya: Air perasan jeruk nipis ditambah sedikit air, kemudian digosokkan hingga rata pada bagian yang dirasakan sakit atau tegang.
  8. Menurunkan panas anak-anak. Caranya: Air perasan jeruk nipis ditambah selembar daun sirih, ditambah air hangat, digunakan untuk bahan pengompresan.
  9. Obat anti mual atau mabuk saat perjalanan.Caranya:  ebelum atau selama perjalanan panjang meminum perasan air buah jeruk nipis.
  10. Melancarkan Haid.  Caranya: Ambil tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata dan minum selagi hangat, 3 kali sehari.
Nah, sekarang anda sudah tau manfaat jeruk nipis. Cobalah dan rasakan sendiri manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons